Memaknai Ke'ngeblur'an


Dini hari, menjelang tidur. Entah kenapa aku ingin sekali melihat kembali file-file foto yang pernah kusimpan. Membuka satu-persatu kenangan yang pernah kuabadikan. Dan kali ini, mataku tertarik pada satu foto yang mungkin dulu tidak sengaja tidak terhapus.

Sebuah foto yang kuambil saat perjalanan menuju "Ketep Pass" di magelang. Dikisahkan dulu disela-sela menikmati mobil yang mogok karena kelebihan beban dan dipaksa untuk menanjak. Aku memandang merapi, dan secara reflek mengambil kameraku, jepreeeet. Kemegahan puncak merapi terekam di kamera.

Saat awal-awal senang dunia fotography dulu, setiap hari tak terlewat tanpa motret sekalipun. Dan tiap kali motret dilihat kok ngeblur langsung deh "delete". Namun sekarang tak lagi. Setelah aku belajar dari seorang potographer, kali ini dari luar negeri yang aku kenal lewat situs upload foto. Foto yang bagus adalah foto yang mengalami proses panjang. Hanya sesederhana itu kata-katanya. Namun belakangan ini baru kusadari, bahwa yang berproses itu tidak hanya skill nya, tapi juga jiwanya. 

Cobalah untuk tidak lekas mendelete fotomu yang saat kau ambil, ngeblur

Karena ada saatnya justru fotomu yang ngeblur itulah mampu memberi pelajaran baru untukmu. Hal itulah yang aku alami sekarang. Foto itu sebenarnya simple, hanya mengambil puncak merapi yang saat itu sedang diterpa senja.

Dan pelajaran yang aku dapatkan adalah. Jangan melulu soal detail, nikmati juga kengebluranmu. Ini berbeda dengan foto bokeh lho ya. Jika foto bokeh itu ada detail diantara ngeblur. Tapi menikmati yang semua fotonya ngeblur itu pun juga asyik. 

Aku masih teringat saat pelajaran di Kampus Fiksi. Yang menyebutkan, segalanya di dunia ini sebenarnya tidak ada yang baru. Semuanya sudah pernah ada. Hanya sudut pandang saja yang baru. Begitupun juga dunia foto. Orang yang memotret gunung itu sudah bejibun. Diperuncing, orang yang memotret gunung merapi itu sampai sekarang mungkin sudah ribuan jumlahnya. Bentuknya gunung merapi ya tetap sama, hanya sudut pandang pengambilan gambarnya yang berbeda. Nah, mencari sudut pandang baru itulah yang menjadi tantangan. Dan aku kali ini menikmatinya lewat kengebluranku itu.


So, jangan pernah takut jika hidupmu ngeblur. eh, foto maksudnya. Nikmatilah selagi itu bisa dinikmati.
Hehe



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seobloggertemplates

Hello We are SeoBloggerTemplates, Our name came from the fact that we are best. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates.

0 comments:

Post a Comment