Ilmu Dibalik Pabrik


Ada yang sudah pernah masuk ke dalam pabrik ?

Banyak hal yang bisa kita pelajari lho dari pabrik. Ternyata pabrik juga selain memberikan gaji juga pelajaran yang bisa dijadikan hikmah pelajaran. Terutama bagi pemuda yang masih menganggap bahwa kerja harus memiliki ijazah. Ijasah memang penting, namun hanya sebagai formalitas saja bro. Yang dibutukan sebuah perusahaan itu adalah kejujuran dan skill. Percuma ijazah tinggi tapi dalam bekerja tidak amanah dan juga tidak mau bekerja sama apalagi susah diajak untuk maju berkembang.

Nah pelajaran apasih yang dapat kita ambil dari pabrik ?

Pabrik mengajarkan kita untuk saling kerjasama antar karyawan. Mungkin semua akan menganggap "yaiyalah" mereka kan digaji untuk itu. Namun justru disitulah letaknya. Setiap orang mempunyai egonya masing-masing. Dan terkadang tak jarang terjadi gesekan-gesekan antar karyawan yang justru berlanjut ke perkelahian. Dan pabrik ini menunjukkan bahwa meskipun kita dituntut untuk bekerjasama namun adakalanya kita tersulut ego.

"Setiap orang memiliki ego dan cara pengendalian yang berbeda"

Setiap proses pasti bermakna. Di dalam perjalanan produk di pabrik pasti telah mengalami penelitian agar jalannya produksi tidak mengalami sia-sia. Dan itulah kenapa setiap proses yang ada dalam pabrik itu sangat berharga. Bahkan jika salah satu prosesnya terhenti karena rusak, akan mempengaruhi proses yang lainnya, bahkan pencapainnya juga kurang maksimal. Dan itu mengajaran kita bahwa setiap proses dalam hidup kitapun juga sangat berharga. Saat sebuah proses hidup kita rusak, segera perbaiki agar tidak menghambat tujuan kita mencapai cita-cita yang telah kita rancang bagus untuk masa depan.

Mempunyai (SOP) standar operating procedure. Sudahkah kita memilikinya di hidup kita ? SOP ini tidak hanya untuk pabrik lho, hidup kita juga butuh SOP agar apa yang kita lakukan tidak melebar kemana-mana. Dan bisa fokus terhadap masa depan. karena banya orang yang sudah meiliki tujuan hidup namun dalam mencapainya masih jalan kemana-mana gak jelas. SOP akan membuat jelas jalanmu.

Dan yang paling penting dari sebuah pabrik adalah. Seberapa penting dan seberapa manfaat ia terhadap masyarakat. Begitupun dengan kita, seberapa manfaatkah kita terhadap sesama? sudahkan kita peduli? sudahkah kita peka?  terkadang hal-hal kecil juga termasuk dalam kepedulian kita terhadap sesama. Contohnya seperti tersenyum dengan ikhlas. 

Oke,
Jangan lupa tersenyum meskipun artikel diatas agak ngelantur. hehe



Foto : Pabrik Perdana Mill, Kalimantan tengah.


Baca juga artikel tentang kencan dan arti sebuah hidup di blog ini.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seobloggertemplates

Hello We are SeoBloggerTemplates, Our name came from the fact that we are best. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates.

2 comments: